Sudah Tahu Resep Membuat Kimchi Apa Saja Bahannya?

Resep Membuat Kimchi Apa Saja Bahannya?

Apa Itu Kimchi? dimuat dari Omediapc.com kimchi adalah salah satu jenis makanan favorit masyarakat Korea. Saking terkenalnya, kimchi menjadi makanan favorit yang dapat dijumpai di setiap rumah di Korea.

Karena kepopulerannya dan rasanya yang enak serta menyehatkan maka badan PBB mengabadikannya sebagai makanan warisan budaya dunia.

Kimchi adalah makanan yang terbuat dari beberapa jenis sayuran yang di fermentasi dan dicampur bubuk cabai. Rasa kimchi antara asin hingga sangat pedas. Sayuran yang paling sering diolah sebagai kimchi adalah sawi putih dan lobak.

Tak hanya bergizi namun juga dinyatakan sebagai makanan yang kaya akan serat dan rendah kalori sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu proses fermentasi saat pembuatan kimchi ternyata menumbuhkan bakteri baik yang sangat bermanfaat membantu kesehatan pencernaan layaknya khasiat yogurt.
Budaya Korea

Kimchi menjadi makanan wajib bagi warga asalnya di Korea sehingga dinobatkan jadi salah satu hari perayaan khusus dengan membuat kimchi secara masal ramai-ramai dengan keluarga besar. Tradisi ini disebut dengan kimjang.

Pada saat perayaan kimjang, biasanya para lelaki bertugas hanya mengambil hasil panen sawi putih dan lobak serta memotongnya. Sedangkan para wanita mengambil bagian mengolah bumbu dan mengolesi lembar demi lembar sawi putih dengan bumbu kimchi.

Setelah sawi putih dibumbui dicampur garam dan bubuk cabai, sawi putih akan disimpan pada wadah tertutup kemudian disimpan di lemari es.

Resep dan bahan membuat Kimchi:

1 buah sawi putih besar..
1 ruas jari jahe, parut.
4 siung bawang putih, haluskan.
4 helai daun bawang, iris tipis memanjang.
1/2  batang lobak putih, iris tipis memanjang
6 sdm bubuk cabe Korea. (kalau tdk ada bisa memakai bubuk cabe biasa)
2 sdt garam dapur. (butiran halus)
1 sdm gula.
1/2 gelas garam laut kasar.
Air secukupnya.
2 sdm saus ikan Korea atau kecap ikan yang mudah dijumpai.

Cara Membuat Kimchi :

Sawi utuh dicuci bersih dengan air hingga lembaran terdalam daunnya.lalu campurkan dengan 1/2 gelas garam laut dengan air matang pada mangkok besar kemudian rendam sawi pada larutan air garam tersebut semalaman atau sekurangnya 6 jam.

Setelah itu angkat sawi dan cuci kembali dengan air bersih hingga ke sela-sela lipatan daun sawi agar sisa garam tercuci bersih lalu tiriskan. Jika ingin memotongnya irislah jadi bagian kecil kecil.

Langkah selanjutnya campurkan gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, daun bawang, lobak, saus ikan, dan sedikit garam dapur. Lalu balurkan campuran bumbu secara merata ke sawi, hingga ke sela-sela lembar daun terdalam. Baluri bumbu, sambil agak di remas-remas sawinya agar cairan jus sayurannya keluar.

Simpan dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara (bagusnya di toples kaca) dan biarkan sedikitnya selama 2×24 jam. Biarkan bumbu meresap ke dalam daging sawi.

Anda juga bisa melihat resep membuat kimchi dengan mudah dalam video dibawah ini lengkap dengan disertai bahan-bahannya agar tidak penasaran lagi untuk mencari apa itu kimchi

https://www.youtube.com/watch?v=0sX_wDCbeuU

0 Response to "Sudah Tahu Resep Membuat Kimchi Apa Saja Bahannya?"

Posting Komentar