Asima Chatterjee Ahli Kimia Bidang Pengobatan Kanker Asal India



Dr. Asima Chatterjee lahir di Kolkata, 23 September 1917 adalah seorang kimiawan asal Kolkata, India, yang menekuni bidang kimia organik dan fitokimia. Saat itu pada masa 1920-1930 masih jarang ada perempuan yang mempelajari bidang kimia.

Chatterjee menjadi salah satu orang yang tertarik mempelajari bidang kimia, tak heran minat perempuan yang kelak menerima banyak penghargaan ini kemudian mengejutkan dunia pendidikan.

Chatterjee tidak hanya menyelesaikan studinya di jurusan Kimia organik. Namun ia juga berhasil meraih gelar Doctorate of Science, sekaligus menjadi wanita pertama di India yang berhasil meraih gelar bergengsi untuk kategori ilmu pengetahuan.

Karyanya yang paling dikenal adalah penemuan alkaloid vinca, senyawa alkaloid dari tanaman bunga vinca (dalam penelitiannya, ia menggunakan tanaman tapak dara untuk mengekstraksi senyawa alkaloid tersebut) yang berguna dalam obat kemoterapi untuk membantu memperlambat atau menghentikan sel kanker agar tidak bertambah banyak. sumber Wikipedia.

Penelitian yang dilakukan Chatterjee kemudian menjadi pilar penting bagi perkembangan dunia obat-obatan. Dia memang fokus dalam mempelajari sifat tanaman obat asal India. Sepanjang karirnya, penelitian yang dilakukannya berkontribusi besar terhadap pengembangan obat-obatan yang mengobati epilepsi dan malaria.

Selain itu, ia juga mengembangkan penemuan obat antiepilepsi dan antimalaria, Ia juga menghasilkan berbagai karya dalam penelitian obat dari tanaman-tanaman asli India.

Pada tahun 1944, dia menjadi wanita pertama yang diberi nama Doctor of Science oleh universitas India. Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya mengajar kimia di Universitas Kalkuta dan memberi inspirasi generasi siswa untuk bekerja di lapangan.

Asima Chatterjee menerima banyak penghargaan atas kontribusinya di bidang pendidikan. Dia terkenal karena karyanya pada alkaloid vinca, sekarang digunakan pada obat kanker, dan untuk pengembangan anti-konvulsif dan obat-obatan anti malaria dari tumbuhan.

0 Response to "Asima Chatterjee Ahli Kimia Bidang Pengobatan Kanker Asal India "

Posting Komentar